EEPROM dan EAPROM

Januari 04, 2018
A.  Electrically Erasable Progreammable Read Only Memory ( EEPROM )

EEPROM  adalah  jenis  cip  memori  yang  menyimpan  data  ketika  satu  dayanya dimatikan.Dengan  kata  lain,  itu  adalah  non-volatile.  EEPROM  merupakan  kumpulan floating-gate transistor individual yang diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan  yang  lebih  tinggi  daripada  yang  biasanya  digunakan  dalam  rangkaian  digital. Sekali deprogram,EPROM dapat dihapus hanya dengan mengekspos ke sinar ultraviolet (UV)  kuat.  Sinar  UV  biasanya  memiliki  panjang  gelombang  253,7nm  (untuk  waktu penghapusan optimal) dan termasuk kisaran UVC dan sinar UV EPROM mudah dikenali oleh jendela transparan kuarsa leburan di atas paket, dengan cip silikon terlihat dan yang memungkinkan paparan sinar VV selama menghapus.EEPROM  kependekan  dari  Electrically  Erasable  Programmable  Read  Only Memory. Seperti halnya PROM dan EPROM, EEPROM merupakan memori  non-volatile. Informasi,  data  atau  program  yang  tersimpan  di  dalamnya  tidak  akan  hilang  walaupun komputer  dimatikan,  dan  tidak  membutuhkan  daya  listrik  untuk  mempertahankan  atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya.EEPROM adalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut. Kapasitas atau daya tampung simpan datanya  sangat  terbatas.  Pada  sistem  hardware  komputer,  chip  EEPROM  umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan pengaturan (setting) sistem yang berhubungan  dengannya.EEPROM  memiliki  kelebihan  tersendiri  dibandingkan  EPROM. EEPROM dapat dihapus secara elektris menggunakan sinar ultraviolet, sehingga proses penghapusannya  lebih cepat dibandingkan EPROM. Penghapusan juga dapat dilakukan secara  elektrik  dari  papan  circuit  dengan  menggunakan  perangkat  lunak  EEPROM Programmer. Alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EEPROM disebut EEPROM Rewriter. Produk EEPROM versi awal, hanya dapat dihapus dan diisi ulang kurang lebih sebanyak  100  kali.  Sedangkan  produk-produk  terbaru  dapat  dihapus  dan  diisi  ulang (erase-rewrite)  sampai  ribuan  kali  (bahkan  beberapa  informasi  menyebutkan  mampu sampai 100 ribu kali)EEPROM  sangat  mirip  dengan  flash  memory  yang  disebut  juga  flash  EEPROM. Perbedaanmendasar  antara  flash  memory  dan  EEPROM  adalah  penulisan  dan penghapusan  EEPROM  dilakukan  dilakukan  pada  data  sebesar  satu  byte,  sedangkan pada flash memory penghapusan dan penulisan data ini dilakukan pada data sebesar satu block. Oleh karena itu flash memorylebih cepat.




B.  Electronically Alterable Programmable Read Only Memory ( EAPROM )

Memori  jenis  ini  memungkinkan  untuk  diubah  isinya  yang  berada  di  setiap  sel memori tanpaharus menghapus semua isinya terlebih dahulu. Bentuk dan rangkaian dari memori ini sangat jarang ditemui.2. Pengalamatan pada MemoriPengalamatan  adalah  bagaimana  cara  menunjuk  dan  mengalaman  suatu  lokasi memori  padasebuah  alamat  di  mana  operand  akan  diambil.  Mode  pengalamatan diterapkan pada set instruksi.Pada  umumnya  instruksi  terdiri  dari  opcode  (kode  operasi)  dan  alamat.  Setiap mode  pengalamatan  memberikan  fleksibilitas  khusus  yang  sangat  penting.  Mode pengalamatan  ini  meliputi  direct  addressing,  indirect  addressing,  dan  immediate addressing.
a. Direct Addresing
Dalam  mode  pengalamatan  direct  addressing,  nilai  yang  akan  dipakai  diambil langsung dalamalamat memori lain. Contohnya: MOV  A,30h. Dalam instruksi ini akan dibaca  data  dan  RAMInternal   dengan  alamat  30h  dan  kemudian  disimpan  dalam akumulator.  Mode  pengalamatan  inicukup  cepat,  meskipun  nilai  yang  didapat  tidak langsung,  namun  cukup  cepat  karena  disimpandalam  RAM  Internal  .  Demikian  pula akan  Iebih  mudah  menggunakan  mode  ini  karena  nilai  yang  didapat  bisa  dari  lokasi memori yang mungkin bervariasi. 
Kelebihan dan kekurangan dan direct addresing antara lain sebagai berikut.
1)  Kelebihan 
Field alamat berisi alamat efektif sebuah operand. 
2)  Kelemahan 
Keterbatasan  field  alamat  karena  panjang  field  alamat  biasanya  lebih kecil dibandingkan panjang word.

b. Indirect Addressing
Mode  pengalamatan  indirect  addressing  sangat  berguna  karena  dapat memberikan  fleksibilitastinggi  dalam  mengalamati  suatu  nilai.  Mode  ini  pula  satusatunya cara untuk mengakses 128 byte lebih dan RAM Internal pada keluarga 8052. Contoh:  MOV  A,@R0.  Dalam  instruksi  tersebut,  89C51  akan  mengambil  harga  yang berada  pada  alamat  memori  yang  ditunjukkan  oleh  isi  dari  RO  dan  kemudian mengisikannya ke akumulator. Mode pengalamatan indirect addressing selalu merujuk pada  RAM  Internal   dan  tidak  pernah  merujuk  pada  SFR.  Karena  itu,  menggunakan mode  itu  untuk  mengalamati  alamat  lebih  dan  7Fh  hanya  digunakan  untuk  keluarga 8052 yang memiliki 256 byte spasi RAM Internal.
Kelebihan dan kekurangan dan indirect addresing antara lain sebagal berikut :
1)  Kelebihan
Ruang  bagi  alamat  menjadi  besar  sehingga  semakin  banyak  alamat  yang  dapat 
referensi.
2)  Kekurangan
Diperlukan  referensi  memori  ganda  dalam  satu  fetch  sehingga  memperlambat 
proses operasi.
c. Immediate Addresing
Mode  pengalamatan  immediate  addressing  sangat  umum  dipakai  karena  nilai yang  akan  disimpan  dalam  memori  langsung  mengikuti  kode  operasi  dalam  memori. Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan nilai dan alamat lain untuk disimpan. Contohnya: MOV A,#20h. Dalam instruksi tersebut, akumulator akan diisi dengan nilai yang langsung mengikutinya, dalam hal ini 20h. Mode  ini sangatlah cepat karena nilai yang dipakai langsung tersedia.
Kelebihan dan kekurangan dan immedieate addresing antara lain sebagai berikut :
1)  Keuntungan
a)  Tidak  adanya  referensi  memori  selain  dan  instruksi  yang  diperlukan  untuk 
memperoleh operand.
b)  Menghemat siklus instruksi sehingga proses keseluruhan akan cepat.
2)  Kekurangan

Ukuran bilangan dibatasi oleh ukuran field alamat.


Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar